@iwan.krwn @iwan.krwn Author
Title: Pantai Klayar
Author: @iwan.krwn
Rating 5 of 5 Des:
Pantai Klayar Pantai Klayar -  Pantai Klayar atau Klayaran mungkin masih jarang terdengar di telinga anda. Itu karena pantai ini belu...
Pantai Klayar
Pantai Klayar

Pantai Klayar - Pantai Klayar atau Klayaran mungkin masih jarang terdengar di telinga anda. Itu karena pantai ini belum dijadikan objek wisata. Meskipun tersimpan banyak potensi wisata dipantai ini seperti pantai Sawarna di Banten, pemerintah setempat masih membiarkan pantai ini secara alami begitu saja. Pantai Klayar tersebar melalui internet dan dari mulut ke mulut.

Pantai Klayar berada di Pacitan, di sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah. Lebih tepatnya berada di desa Kalak, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan. Dari Kota Pacitan letak pantai Klayar berada di sebelah barat dan memiliki jarak sekitar 40 Km.

Ada beberapa tempat yang menjadi pesona bagi pantai Klayar, mulai dari batu karang yang indah, karang raksasa yang mirip Sphinx di Mesir, Air Mancur alami, Seruling Laut dan Air terjun. Dibandingkan wisatawan domestik, wistawan mancanegara lebih mengenal pantai Klayar. Hal ini dapat terjadi karena semua informasi mengenai pantai Klayar sebagian besar berada di media online.

Sunset Pantai Klayar - Wisata Indonesia
Sunset Di Pantai Klayar

Akses ke Pantai Klayar

Akses menuju pantai ini terbilang cukup sulit karena belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat. Dari Yogyakarta dapat ditempuh selama 3 jam perjalanan melalui jalan pintas. Jika dari kota Pacitan dapat ditempuh dengan sepeda motor selama 3 jam perjalanan. Pantai Klayar merupakan sebuah teluk kecil yang kanan kirinya dibatasi oleh tebing-tebing karang.

Keindahan Pantai Klayar

Di pantai berpasir putih ini Anda dapat mendengar suara hembusan angin yang sejuk. Di bagian timur pantai Klayar Anda juga dapat menemukan dua buah karang yang memiliki ketinggian seperti pohon kelapa dan menajadi ikon bagi wisatawan. Masih banyak kumpulan karang yang terbentang di kawasan pantai Klayar ini. Dari sekumpulan karang itu terdapat karang raksasa yang mirip Tanah Lot di Bali. Pantai Klayar sering disebut Tanah Lot di Pacitan, Jawa Timur. Terdapat bebrapa sungai kecil yang bermuara di Pantai Klayar.

Di bagian barat pantai Klayar terdapat karang yang lebih tinggi dan besar, yang tingginya mencapai 50 meter. Tebing ini masih berada dalam satuan gugusan karang. Di pantainya terdapat hamparan karang-karang kecil tempat kehidupan ikan-ikan kecil. Bila ingin menikmati keindahan landscape pantai Klayar dapat dinikmati dari tebing ini.

Advertisement

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top